Bupati Adirozal Hadiri Lauching Wonderful Event Sumatera Barat 2019 di Jakarta 



Kamis, 15 Agustus 2019 | 13:07:53 WIB



Bupati Kerinci H. Adirozal Hadiri Lauching Wonderful Event Sumatera Barat 2019 di Jakarta.
Bupati Kerinci H. Adirozal Hadiri Lauching Wonderful Event Sumatera Barat 2019 di Jakarta. AVERMAN DEKA/NT

Advertisement


Advertisement

KERINCI,- eNewsTimE.co - Pemerintah kabupaten Kerinci diundang turut serta menghadiri acara Lauching atau peluncuran Wonderful Event Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2019 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Sumbar, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (14/8).

Pada acara tersebut Pemerintah Sumbar memperkenalkan sekaligus meluncurkan 49 event wisata tahun 2019. Dari 49 event yang diluncurkan, ada 3 event yang masuk Wonderful Event yakni Tour de Singakarak (TdS) yang tahun ini rutenya diperluas dengan melewati kabupaten Kerinci dan Sungaipenuh (Provinsi Jambi) jadi primadona, kemudian Pasar Harau Art And Cultural Festival dan Festival Budaya Miangkabau.

Pasa Harau Art And Cultural Festival akan berlangsung di Kabupaten Lima Puluh Kota pada 16-18 Agustus 2019 dan penyelenggaraan event Festival Pesona Budaya Minangkabau akan berlangsung di Kabupaten Tanah Datar pada 4-7 Desember 2019.

Primadona event tahun ini yaitu Tour de Singkarak (TdS) akan berlangsung pada 2-10 November 2019. Tour de Singkarak akan melintasi 16 kabupaten/kota Sumbar dan 2 kabupaten di Jambi (Kerinci dan Sungaipenuh). Kompetisi internasional dengan hadiah Rp 2,3 miliar ini terbagi dalam 9 etape dimana Kerinci masuk ke etape 7.

Sebagai wujud keseriusan dan kesiapan pemkab Kerinci menyambut event TdS, Bupati Kerinci H. Adirozal hadir langsung pada acara tersebut bersama gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan para Bupati/Walikota se- Sumatera Barat, 

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada tahun ini event TdS akan semakin menarik, karena rute yang dijelajahi tidak hanya di sumbar tetapi juga melintasi daerah Kerinci dan Sungai penuh di Provinsi Jambi. Untuk itu tema TdS tahun ini adalah ” Connecting Sumatera”

“Kota-kota yang mengandalkan pariwisata, angka kemiskinannya rendah. Upaya kita menjadikan TdS semakin nasional, dampaknya bisa dinikmati kita semua. Tema yang dipakai adalah Connecting Sumatera,” ujar Gubernur Sumbar, H Irwan Prayitno. 

Acara launching ini dibuka oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya. Dalam sambutannya, Menpar ingin Sumbar meningkatkan jumlah event di kalender wisatanya. Menteri juga memotivasi daerah lain agar meningkatkan event wisatanya.

“Siapa yang banyak event-nya, pendapatan per kapita akan naik. Selain pendapat per kapita, indeks kebahagiaan juga naik. Karena kegiatannya menggairahkan masyarakat. Kalau bisa 49 event ini bertambah jadi 52 event. Setiap minggu ada kegiatan,”ujarnya.

Sementara itu Bupati Kerinci, H Adirozal, mengatakan bahwa sebagai bentuk keseriusan dan kesiapan Pemkab Kerinci menyambut event nasional yakni TdS yang melewati Kabupaten Kerinci, dirinya hadir langsung bersama Kadishub dan Kadis PUPR pada launching wonderful event Sumbar 2019.

"Kita sangat menyambut baik event baik ini, sebagai peningkatan dan pengembangan pariwisata. Kita berharap event TdS ini, bukan yang pertama dan terakhir di Kerinci, tapi akan terus berkelanjutan di tahun-tahun mendatang,"ucap bupati Adirozal.


Penulis: AVERMAN DEKA
Editor: BENI MURDANI


Tagar:

# KERINCI

Advertisement
Advertisement
Advertisement